sekedar tempel - belajar

Breaking

Selasa, 21 Oktober 2014

sekedar tempel


Berikut ini adalah contoh pembuatan makalah, belum tentu baik dan belum tentu benar :D


MAKALAH KKPI
PERBEDAAN WEBSITE DAN BLOG, MACAM-MACAM WEBSITE, WEB SERVER, DAN CMS








Di Susun Oleh :
Isna Solihat
XII-TKJ

SMK TAMAN SURGA
2014 – 2015

DAFTAR ISI
A.  PERBEDAAN WEBSITE DAN BLOG ............................................................................ 3
1.    Pengertian Website ............................................................................................................. 3
2.    Pengertian Blog .................................................................................................................. 4
3.    Perbedaan Website dan Blog .............................................................................................. 4
B.  MACAM-MACAM WEBSITE ........................................................................................... 6
C.    WEB SERVER ..................................................................................................................... 7
1.      Pengertian Web Server ...................................................................................................... 7
2.      Aplikasi Pada Web Server ................................................................................................. 8
D.    CMS ........................................................................................................................................ 12
1.      Pengertian CMS ................................................................................................................ 12
2.      Contoh – Contoh CMS ...................................................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................................... 17







A.PERBEDAAN WEBSITE DAN BLOG
Blog dan website merupakan media yang dapat kita gunakan untuk membagikan konten berupa teks, gambar, video, dan audio kepada banyak orang. Perbedaan dari keduanya di ibaratkan seperti air dalam gelas, website bertindak sebagai gelas dan air sebagai blognya. Artinya blog terdapat dalam sebuah website dan didalam website dapat terdapat blog. Keduanya saling mendukung untuk memperoleh sebuah web yang baik dan berkualitas.
1.    Pengertian Website
Menurut pengertiannya sendiri, Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs atau link yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain yang tempatnya berada dalam World Wide Web (WWW). Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya. Secara garis besar website dibagi menjadi 2 model, yaitu:
a.  Web Statis
Web statis adalah website yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja. Halaman - halaman web tersebut tidak memliki database, data dan informasi yang ada pada web statis tidak berubah - ubah kecuali diubah sintaksnya. Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yang ada di web server. Contoh dari web statis adalah web yang berisi profil perusahaan. Di sana hanya ada beberapa halaman saja dan kontennya hampir tidak pernah berubah karena konten langsung diletakan dalam file HTML saja.
b.    Web Dinamis
Dalam web dinamis, interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks. Seseorang bisa mengubah konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser. Request (permintaan) dari pengguna dapat diproses oleh server yang kemudian ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya. Halaman-halaman web tersebut memiliki database. Web dinamis, memiliki data dan informasi yang berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikan client. Dokumen yang sampai di client akan berbeda dengan dokumen yang ada di web server. Contoh dari web dinamis adalah portal berita dan jejaring sosial. Lihat saja web tersebut, isinya sering diperbaharui (di-update) oleh pemilik atau penggunanya. Bahkan untuk jejaring sosial sangat sering di-update setiap harinya.
2.    Pengertian Blog
Blog (web log) adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
3.    Perbedaan Website dan Blog
a.    Pengguna
Blog dibuat untuk keperluan tulis menulis, sehingga penggunanya adalah kalangan masyarakat biasa yang ingin menyalurkan hasil tulisannya kepada banyak orang. Satu blog biasanya dimiliki dan dikelola oleh satu orang. Sementara website dimiliki oleh satu orang atau lebih sesuai dengan tujuan dibuatnya. Pemilik website biasanya adalah kalangan profesional yang membutuhkan website sebagai media untuk menginformasikan sesuatu hal kepada banyak orang melalui internet.
b.    Tujuan
Blog diciptakan untuk keperluan pribadi. Blogger atau pemilik blog biasanya menggunakan blog sebagai media untuk menuliskan catatan pribadinya (diary online) agar dapat dibagikan kepada teman-temannya. Seiring dengan perkembangan waktu, fungsi blog bergeser dari yang semula untuk keperluan pribadi bertambah menjadi fungsi media bisnis online. Sementara itu, kemunculan website memang diciptakan pemiliknya untuk keperluan komersial, seperti profil perusahaan dan jualan online.

c.    Biaya
Kita dapat menggunakan blog secara gratis. Hal ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masing platform blog. Jika menggunakan website maka kita perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan. Meskipun demikian, pengeluaran untuk biaya membuat website dapat kita kurangi dengan menggunakan sewa webhosting gratisan dan sewa domain bukan Top Level Domain secara gratis.
d.    Kemudahan
Blog jelas lebih mudah dibuat dan digunakan daripada website. Kita hanya perlu mendaftar dan langsung menggunakan layanan blogging secara gratis. Fitur  yang sederhana dan user friendly akan membuat pemula dapat mengoperasikan blog dengan baik. Sementara itu, jika ingin memiliki sebuah website, kita perlu menyiapkan beberapa hal seperti domain, webhosting, script yang akan diunggah ke webhosting, hingga software  File Transfer Protocol (FTP). Bagi pengguna pemula, kita akan merasa sedikit kesulitan ketika menggunakan website untuk pertama kalinya. Salah satu penyebabnya adalah minimnya tutorial yang memandu kita.
e.    Desain Template
Pada umumnya tampilan desain template website lebih bagus daripada desain template blog. Selain itu, suatu desain template blog juga banyak digunakan oleh blogger karena template tersebut merupakan template bawaan dari platform blog atau template blog yang dibagikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template blog. Tampilan desain template website lebih bagus dan jarang terdapat kesamaan antara satu website dengan website lain. Hal ini disebabkan desain template website dibuat langsung oleh pemilik website tersebut, sehingga tampilannya akan sesuai dengan selera pemiliknya. Template website juga jarang dibagikan secara gratis karena proses coding script yang sulit.
f.      Performa
Dengan tampilan desain template yang bagus dan fitur yang lebih lengkap membuat website lebih unggul ketika digunakan. Website yang dibuat oleh programmer akan terlihat lebih profesional dan mampu mengakomodasi kebutuhan pemilik serta pengunjung website. Blog yang ditujukan untuk keperluan tulis menulis memiliki fitur terbatas dan akan terlihat kaku ketika dipaksakan untuk keperluan lain seperti sebagai media bisnis online.

B. MACAM MACAM WEBSITE
Berdasarkan dari segi kepentingan webmaster (pemilik website), website terbagi dua, yaitu :
1.    Website komersial adalah website yang dibuat untuk tujuan mencari uang. Misalnya :
a.  Website publisher : situs yang menayangkan iklan milik pengiklan/advertiser melalui jaringan program aplikasi periklanan di internet. Website ini mendapatkan uang dari memasarkan iklan milik orang lain. Contohnya, publisher adsense, chitika, adsensecamp, idblognetwork dan sebagainya.
b. Website bisnis online : website yang mengiklankan produk barang maupun jasa milik sendiri. Website ini mendapatkan uang dari hasil penjualan/sewa produk yang mereka pasarkan.
c.  Website mesin pencari : website yang menayangkan iklan milik pengiklan/advertiser di hasil pencarian atau penelusuran pengguna di internet. Website ini mendapatkan uang dari memasarkan iklan milik orang lain. Contohnya, google search, yahoo search. bing search, dan sebagainya.
d. Website-website lainnya yang digunakan untuk tujuan mencari uang seperti media sharing, facebook, dan website jejaring sosial lainnya. Facebook mendapatkan uang dari menampilkan iklan milik pengiklan yang beriklan di facebook.
2.    Website Non Komersial adalah website yang dibuat dengan tujuan tidak untuk mencari uang. Misalnya adalah website apapun yang tidak menampilkan iklan atau memasarkan produk tertentu. Contohnya :
a.    Wikipedia.Org atau Wikipedia. Website ini dibiayai oleh para dermawan di seluruh dunia dan bisa digunakan oleh siapapun tanpa mengharapkan uang. Wikipedia berisi informasi terpercaya ditulis oleh sukarelawan yang menjadi anggotanya, baik pengguna terdaftar maupun pengguna anonim.
b.    Commons.Wikimedia.Org atau Wikimedia Commons. Website ini tidak berbeda dengan wikipedia. Hanya saja Wikimedia Commons berisi file media seperti gambar, suara dan video klip yang berlisensi domain publik/public domain.
c.    Website buku harian, website pribadi, dan website-website lain yang tidak digunakan untuk tujuan mencari uang.

C.WEB SERVER
1.    Pengertian Web Server
Web Server merupakan salah satu layanan Internet yang mampu melayani koneksi transfer data dalam protocol HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ). Web server saat ini merupakan inti dari server – server di internet selain FTP, Mail Server dan lainnya. Web Server saat ini telah dirancang untuk dapat melayani beragam jenis data, mulai dari Teks, Gambar, Suara, Video dan lain sebagainya. Web Server pada umumnya melayani data dalam bentuk HTML ( Hypertext Markup Language ). Dari file HTML ini kemudian dapat dikaitkan ke file HTML lainnya, ke file gambar dan file yang lainnya.
Sebenarnya, tanpa menggunakan Web server pun kita sudah dapat menjalankan file HTML, hanya saja file HTML tersebut hanya dapat di lihat di komputer kita sendiri. Maka dari itu kita membutuhkan suatu Aplikasi Server yang dapat membagikan atau mempublikasikan file HTML (Web) kita agar komputer lain dapat melihat file HTML (Web) kita. Tapi itu semuanya masih merupakan Aplikasi Web Statis, artinya informasi yang berada di Web kita hanya bersifat statis alias tidak dapat berubah – ubah dan tidak dapat berinteraksi dengan user yang membuka Web kita. Untuk itu di Aplikasi Server kita harus di Install juga Aplikasi Server Side dan juga Database Server. Dengan adanya Web Server yang sudah lengkap dengan Aplikasi Server side serta Database server, Aplikasi Web kita akan dapat berinteraksi dengan pengunjung sehingga Aplikasi Web kita akan terkesan lebih Dinamis.
2.    Aplikasi Pada Web Server
Terdapat beberapa aplikasi Web Server yang semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
2.1    Apache Web Server - the HTTP Web Server
Apache ini dibuat versi pertamanya oleh Robert Mc Cool pada tahun 1996. Diberi nama Apache karena pertama mereka ingin menghargai penduduk asli Amerika Indian Apache yang dikenal ketahanan dan skilnya saat perang, dan kedua karena akar proyek si apche ini merupakan sebuah ‘a patchy server’. Alasan kedua sebenarnya dengan hoki ditemukan. Apache dikembangkan oleh komunitas terbuka yang di bawahi oleh Apache Software Foundation. Aplikasinya dapat digunakan untuk OS yang beragam( tidak bergantung pada vendor tertentu (cross platform)), sebut saja UNIX, FreeBSD, Linux, Novell netware, MacOS X, Windows.
Web server Apache mempunyai kelebihan, yaitu :
a.    Apache termasuk dalam kategori freeware
b.    Apache mudah sekali proses instalasinya jika dibanding web server lainnya seperti NCSA, IIS, dan lain-lain
c.    Mampu beroperasi pada berbagai paltform sistem operasi
d.   Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi
e.    Mudah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.
Fasilitas atau ciri khas dari web server Apache adalah :
a.    Dapat dijadikan pengganti bagi NCSA web server
b.    Perbaikan terhadap kerusakan dan error pada NCSA 1.3 dan 1.4
c.    Apache merespon web client sangat cepat jauh melebihi NCSA
d.   Mampu di kopilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang
e.    Apache menyediakan feature untuk multihomed dan virtual server
f.     Kita dapat menetapkan respon error yang akan dikirim web server dengan menggunkan file atau skrip
g.    Server apache dapat otomatis berkomunikasi dengan client browsernya untuk menampilkan tampilan terbaik pada client browsernya. Misalnya, browser ingin menampilkan dalam bahasa spanyol, maka web server apache otomatis mencari dalam servicenya halaman-halaman dengan bahasa spanyol
h.    Web server Apache secara otomatis menjalankan file index.html, halaman utamanya, untuk ditampilkan secara otomatis pada clientnya
i.      Web server Apache mempunyai level-level pengamanan
j.      Apache mempunyai komponen dasar terbanyak di antara web server lain
k.    Ditinjau dari segi sejarah perkembangan dan prospeknya, Apache web server mempunyai prospek yang cerah. Apache berasal dari web server NCSA yang kemudian dikembangkan karena NCSA masih mempunyai kekurangan di bidang kompatibilitasnya dengan sistim operasi lain. Sampai saat ini, web server Apache terus dikembangkan oleh tim dari apache.org
l.      Performasi dan konsumsi sumber daya dari web server Apache tidak terlalu banyak, hanya sekitar 20 MB untuk file-file dasarnya dan setiap daemonnya hanya memerlukan sekitar 950 KB memory per child
m.  Mendukung transaksi yang aman (secure transaction) menggunakan SSL (secure socket layer)
n.    Mempunyai dukungan teknis melalui web
o.    Mempunyai kompatibilitas platform yang tinggi
p.    Mendukung third party berupa modul-modul tambahan.
Selain itu, adapun kekurangan Apache, yaitu :
a.    web server Apache tidak memiliki kemampuan mengatur load seperti IIS, sehingga akan terus mem-fork proses baru hingga nilai MaxClients tercapai atau hingga batas yang diizinkan oleh OS. Ini tentunya menguntungkan penyerang karena habisnya RAM akan lebih cepat tercapai
b.    Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Referrer dan User-Agent yang dikirimkan oleh Client. Ini berarti Client dapat memformulasi inputnya secara hati-hati untuk merusak format baris log akses
c.    Terganggunya proses upload data, yang bisa menyebabkan software salah dalam menerjemahkan ukuran data yang masuk. Dengan celah tersebut, hacker dikabarkan dapat mengeksploitasi kerentanan dengan cara mengirimkan request pada server Apache bersangkutan. Versi yang cacat tersebut adalah seluruh generasi Apache 1.3 dan versi 2 hingga 2.0.36. Server yang diserang hacker memanfaatkan kelemahan ini akan mengalami DoS, alias server itu tak bisa diakses. Dalam sejumlah kasus, penyerangnya dapat menjalankan pilihan kodenya.
Apache ini merupakan aplikasi yang banyak digunakan saat ini, selain dapat berjalan di banyak Sistem Operasi seperti windows, linux dan lainnya, Apache Juga Bersifat Open Source, Secara default Apache Menggunakan Script PHP dengan MySQL sebagai Database nya dan semua itu juga di gunakan secara gratis. Beberapa aplikasi Apache untuk Windows adalah Apache2triad, XAMPP, WAMPP, AppServ, dsb. Untuk di linux juga terdapat banyak aplikasi Apache serta aplikasi pendukung untuk membangun web server, seperti LAMPP, XAMPP, atau bisa juga menginstall satu persatu seperti apache ( httpd ), PHP dan mysql melalui Source code yang dapat di download di Internet secara Gratis.
2.2    APACHE TOMCAT
Apache tomcat adalah server web berbasis opensource yang mendukung untuk penggunaan JSP (Java Server Pages). Secara default, server tomcat ini belum memiliki package admin, sehingga tidak ada akses untuk admin. Yang ada hanyalah tomcat manager untuk memdeploy aplikasi web melalui file .war dari java web.
Ketika kita berusaha masuk ke URL admin ada keterangan Tomcat's administration web application is no longer installed by default. Download and install the "admin" package to use it, hal itu dikarenakan tidak ada package admin dalam apache tomcat tersebut. Akses administration server tomcat ini bisa untuk setting JNDI.
Java Naming and Directory Interface (JNDI) adalah sebuah API yang mendeskripsikan library Java yang standar untuk mengakses layanan naming dan directory seperti Domain Naming Service (DNS), dan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP). Apache Tomcat merupakan implementasi software open source dari Java Servlet dan JavaServer Pages teknologi. Java Servlet dan JavaServer Pages spesifikasi yang dikembangkan di bawah Java Community Process.
Kelebihan Apache Tomcat, yaitu :
a.    Performanya yang tinggi, stabil, memiliki banyak fitur
b.    Mudah dikonfigurasi
c.    Menggunakan hanya sedikit sumberdaya pada server
d.   Tidak bergantung kepada thread untuk melayani klien

Adapun kekurangan Apache Tomcat, yaitu :
a.    Belum support IPV6
b.    Update/patchnya versi terbarunya lama keluar
c.    Fast-CGInya tidak berfungsi maximal
d.   Pemakainya tidak sebanyak Apache atau IIS
2.3.  Web Server IIS
IIS (Internet Information Services / Server) adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.
IIS telah berevolusi semenjak diperkenalkan pertama kali pada Windows NT 3.51 (meski kurang banyak digunakan) hingga IIS versi 6.0 yang terdapat dalam Windows Server 2003. Versi 5.0 diintegrasikan dalam Windows 2000, sedangkan Windows XP Professional memiliki IIS versi 5.1. Windows NT 4.0 memiliki versi 4.01 yang termasuk ke dalam add-on Windows NT Option Pack. Dalam Windows NT 4.0 Workstation atau Windows 95/98, IIS juga dapat diinstalasikan sebagai Microsoft Personal Web Server (PWS).
Fitur-Fitur IIS :
a.    IIS dapat digunakan sebagai platform dimana aplikasi web berjalan. Hal itu dapat dilakukan menggunakan ASP, ASP.NET, ISAPI,CGI, Microsoft .Net Framework, VBScript, Jscript dan PHP.
b.    IIS mendukung protocol HTTP, FTP, SMTP, NNTP dan SSL
c.    IIS mengizinkan aplikasi web untuk dijalankan sebagai proses yang terisolasi dalam ruangan memori terpisah untuk mencegah satu aplikasi membuat crash aplikasi lain.
d.   IIS dapat diatur dengan Microsoft Management Console atau menggunakan skrip Windows Scripting Host.
e.    IIS mendukung bandwidth throttling yang dapat mencegah sebuah situs web memonopoli bandwidth yang tersedia.
f.     IIS memiliki fitur URL Filtering untuk mem-filter website yang tidak diinginkan

F.  CMS
1.    Pengertian CMS
CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama. Content mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun dalam format-format lain yang perlu dikelola dengan tujuan memudahkan proses pembuatan, pembaharuan, distribusi, pencarian, analisis, dan meningkatkan fleksibilitas untuk ditransformasikan ke dalam bentuk lain. Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.
Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam tercapainya target pemasaran.
CMS adalah aplikasi web yang siap pakai. Ini merupakan istilah untuk pemilik website mengupdate websitenya tanpat bantuan pengembang web. Yang dilakukan pengembang web hanya installasi awal dan konfigurasi awal saja. Selanjutnya untuk pengisian artikel, gambar, dan konten-konten lainnya bisa dilakukan oleh pemilik website tanpa harus mengetahui kode-kode HTML ataupun pemrograman web seperti PHP atau ASP .NET
CMS sangatlah berguna dan handal untuk memisahkan tanggungjawab antara penulis konten dan desainer web. Dengan demikian, desainer web dapat berkonsentrasi pada tugasnya terutama  masalah desain tampilan dan penempatannya. Sementara itu, siapapun  yang tidak memiliki kemampuan teknis dapat bertanggujawab atas masalah konten, misalnya menuliskan kalimat dan meletakkan gambar di situs web. Jadi, cara kerja CMS melibatkan desainer web dan penulis konten.
CMS membuat halaman web menjadi dinamis. Artinya, halaman web belum benar-benar ada sampai kita memastikan untuk memublikasikannya. Dengan demikian, konten dapat di perbaharui dan hasilnya dapat dilihat terlebih dahulu tanpa harus di publikasikan. Halaman web dinamis berguna saat pengembangan konten, tetapi pengembangannya belum seluruhnya selesai.
Sebenarnya CMS sangatlah rumit, berisi ribuan file dan script yang saling bekerjasama, berpadu dengan basis data untuk menghasilkan situs web. Intinya CMS di desain dan di ciptakan oleh tenaga ahli yang mempunyai kemampuan teknis, tetapi dapat digunakan, di atur, dan dijalankan oleh orang awam, sekalipun tidak mempunyai kemampuan teknis.
2.    Contoh CMS
2.1   CMS Wordpress

CMS Wordpress adalah sebuah CMS yang sebenarnya dikategorikan ke dalam CMS jenis Blog. Meskipun di khususnya untuk blog, namun kenyataannya banyak sekali developer-developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website baik itu company profile, hingga toko online. Karena CMS Wordpress ini selain User Friendly, juga memiliki fitur dan layanan yang banyak, selain itu dukungan komunitas juga sudah menyebar luas.
2.2  CMS Joomla

Mayoritas CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Meskipun CMS Wordpress juga powerfull, tetapi CMS Joomla lebih komplek dari CMS Wordpress dan sistem manajemennya yang sedikit rumit dari CMS Wordpress.
2.3.CMS Drupal
Dengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla!, tapi sangat mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.
2.4.Aura CMS

Adalah salah satu CMS hasil buatan anak indonesia. Namun, CMS ini masih banyak mempunyai kekurangan dibandingkan CMS-CMS seperti di atas, tetapi jika anda mampu mengembangkan CMS ini, alhasil CMS ini akan setara dengan CMS-CMS yang sudah populer saat ini.
2.5.CMS Opencart
CMS OpenCart adalah CMS khusus untuk membuat sebuah Toko Online. CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce. Beda dengan CMS-CMS diatas. Kekurangan CMS Opencart adalah dari sisi SEO, tetapi untuk manajemen kontennya CMS ini bisa dibilang mudah.
  
2.6.CMS Moodle

Mungkin ada sudah pernah mendengar dan ada yang belum. Yaps, CMS ini memang agak asing, karena umumnya yang memakai CMS ini adalah sebuah instansi sekolah. CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya



DAFTAR PUSTAKA
 (terlampir)


Untuk sumber makalah ini, diambil dari beberapa sumber dan maaf tidak saya cantumkan ..
Sekian dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar