Teluk Jakarta Ditargetkan Bersih dari Lautan Sampah Minggu Depan - belajar

Breaking

Senin, 19 Maret 2018

Teluk Jakarta Ditargetkan Bersih dari Lautan Sampah Minggu Depan


Teluk Jakarta Ditargetkan Bersih dari Lautan Sampah Minggu Depan

Jakarta - Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berjibaku mengangkut sampah yang berada di Teluk Jakarta, kawasan Muara Angke, Jakarta Utara. Kadis Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Herdiman memperkirakan proses pengangkutan akan selesai pekan depan.

"Total (berat yang sudah diangkut) sampai siang ini 50 ton. Pengangkutan kurang lebih selama sepekan, kami berharap demikian," kata Yusen kepada detikcom saat dimintai konfirmasi, Senin (19/3/2018).

Yusen menuturkan ada 400 petugas yang diterjunkan untuk mengangkut. Sampah yang berhsil diangkut kemudian dibuang ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

"Petugas gabungan dari Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, dan UPK Badan Air. Sampah dibawa ke Bantargebang," terang Yusen.

Menurut Yusen, sampah yang menumpuk itu kebanyakan berbahan plastik. Salah satu penyebabnya karena banjir rob.

"Jenis sampahnya keba yakan kemasan Plastik. Penyebabnya fenomena alam angin barat dan rob, menurut informasi dari Penggiat Lingkungan Hutan Manggrove Muara Angke," ujar dia.
Gubernur DKI Anies Baswedan sebelumnya mengatakan total lautan sampah di Teluk Jakarta, kawasan Muara Angke itu diperkirakan mencapai 100 ton. Dia menyebut proses pembersihan Teluk Jakarta ini memang cukup berat.

"Mudah-mudahan dalam satu minggu sudah bersih kembali. Setelah itu, sungai-sungai akan dipasang jaring penangkap sampah agar tidak menumpuk di hilir," tutur mantan Mendikbud itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar